Home About Us Our Product Sitemap Articles Contact Us Chat Whatsapp Live

Magnet Catcher Untuk Pemurnian Kontaminan Metal

Magnet Catcher Untuk Pemurnian Kontaminan Metal


Pengemasan Gula yang Kurang Higienis

Apa yang tergambar oleh anda ketika melihat gambar di atas? anda yang tahu jawabannya, tetapi yang pasti bahwa produk anda haruslah higienis, dan terbebas dari pengotor terutama logam karena sangat berbahaya bagi konsumen terutama anda.

Jika anda ingin mengetahui ada atau tidaknya metal maka anda bisa menggunakan metal detector, dan anda dapat memaksimalkan penghilangan pengotor logam seperti besi dengan menggunakan magnet catcher. Alat ini dapat menarik material logam didekatnya karena kemagnetan yang sangat kuat. konsekuensi alat ini adalah hanya pengotor yang dapat ditarik magnet yang akan terperangkap atau menempel pada magnet.

Berikut adalah beberapa bentuk alat magnet catcher, desain yang praktis dan sangat mudah digunakan, serta harga terjangkau, di antaranya:

1. Magnet Batang

Magnet batang adalah jenis magnet catcher yang paling sederhana yaitu hanya berbentuk batang. Magnet batang ini dapat digunakan dengan sortir manual menggunakan tangan atau dipasang pada output produk. Panjangnya bervariasi mulai dari 10cm sampai 50cm Kekuatannya bisa sampai 13000 Gauss.

2. Magnet Trap

Magnet trap atau magnet grid atau magnet grate adalah serangkaian magnet batang yang disusun secara seri untuk mengoptimalkan penyaringan produk dengan load yang cukup banyak. Jumlah batang magnet dan panjang magnet dapat disesuaikan dengan luasnya area yang tersedia pada titik penempatan magnet / titik penyaringan. Magnet trap disatukan dengan menggunakan frame. Dapat juga dengan opsi memakai selongsong/housing untuk memudahkan proses pembersihan. Namun penambahan selongsong akan mengurangi kekuatan magnet sekitar 1000-1500 Gauss per batang magnet.


3. Magnet Hopper

Magnet Hopper adalah jenis magnet catcher yang diperuntukan untuk hopper/silo. Dalam proses produksi, biasanya bahan baku akan dimasukan ke dalam silo untuk masuk ke mesin produksi. Untuk mengurangi cemaran besi atau logam agar tidak merusak mesin produksi, maka dapat dipasang Magnet Hopper pada bagian output silo. Magnet hopper dapat berbentuk bulat (untuk silo silinder) dan ada juga yang persegi. Dapat dibuat 1 layer, 2 layer, atau lebih tergantung kebutuhan dan tingkat kekotoran material atas kontaminasi logam besi.


4. Liquid Magnet Trap

Liquid Magnet Trap adalah jenis magnet catcher yang digunakan untuk penyaringan produksi bahan cair seperti saus, kecap, sirup, dan lain-lain. Dilengkapi dengan flange yang menyesuaikan dengan pipeline produksi.


5. Magnet Plate

Magnet Plate atau Suspended Magnet Plate adalah jenis magnet catcher berbentuk plate. Ukurannya cukup besar dan cukup berat. Biasa dipakai pada konveyor pertambangan untuk pembersihan produk hasil tambang seperti batu bara dari kontaminasi part mesin yang patah dan terbawa ke dalam produk sehingga membahayakan mesin pada proses selanjutnya.


6. Electromagnet

Electromagnet adalah jenis magnet catcher yang menggunakan arus listrik untuk menghasilkan medan magnet. Biasanya digunakan pada konveyor pertambangan. Fungsi dari electromagnet ini adalah agar proses pembersihan besi-besi yang tertempel di magnet menjadi lebih mudah dengan mematikan arus listrik dibandingkan suspended magnet plate. Namun harganya cukup mahal.


7. Cross Belt Magnetic Separator

Cross Belt Magnetic Separator adalah jenis magnet catcher yang menggunakan prinsip bahan ferromagnetik dan diamagnetik. Magnet permanent akan menarik besi dari produk karena sifat medan magnetnya, akan tetapi besi-besi tersebut tidak akan menempel langsung pada magnet, melainkan pada belt yang terbuat dari bahan diamagnetik seperti karet. Belt akan berputar menggunakan motor penggerak sehingga besi ikut terbawa. Ketika belt berada jauh dari magnet, maka besi akan terlepas dan terbuang dengan sendirinya ke tempat penampungan. Pilihan ini cukup inovatif karena daya yang dibutuhkan oleh motor untuk menggerakan belt lebih kecil daripada daya yang dibutuhkan rectifier untuk menghasilkan elektromagnet. Namun resiko pada cross belt magnetic separator adalah magnet akan lebih cepat aus dan berkurang kekuatannya karena frekuensi gesekan yang sangat sering dengan belt. Seperti kita ketahui tentang ilmu dasar medan magnet, magnet akan berkurang atau bahkan hilang bila terjadi gesekan yang terlalu sering. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena produsen cross belt magnetic separator sudah mensiasati agar keausan ini tidak terjadi dengan cepat yaitu dengan penggunaan bahan belt, kecepatan belt, ketebalan belt, dan kekuatan magnet itu sendiri.


Bila anda sedang membutuhkan magnet cather untuk proses penyaringan / pemurnian produk anda, silakan berkonsultasi dengan Sales Representatif kami terkait magnet catcher jenis apa yang cocok digunakan pada proses produksi anda. Hubungi kami melalui telpon, whatsapp atau email.

CV. MEALABS INDONESIA
Jl. Buaran I No.72, Kel. Klender, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur 13470
0811-1720-047 (Telpon, WhatsApp)
sales@mealabs.com 

signature
Back to top
banner