Home About Us Our Product Articles Contact Us Our Clients Chat Whatsapp Live

Penggunaan Metal Detector

Mengapa Metal Detector Sangat Penting Untuk Industri Makanan?

penggunaan metal detector

Penggunaan Metal Detector dalam industri terutama ditujukan untuk keamanan pangan dan perlindungan konsumen. Meskipun kontaminan logam atau metal selama proses produksi tidak sepenuhnya dapat dihindari. Partikel logam yang sudah masuk ke dalam produk akan menimbulkan cedera serius bagi konsumen.

Di lain pihak bagi produsen makanan akan mendapatkan komplain serius dari konsumen, dan kerugian besar akibat penarikan produk di pasar. Dampak jangka panjang adalah citra perusahaan menjadi buruk dan hilangnya kepercayaan konsumen. 

Metal Detector sangat efektif untuk memberikan perlindungan produk terhadap logam besi dan non-ferrous (aluminium, stainless steel, dan lain-lain). Metal Detector dapat di install dalam setiap tahapan produksi, baik ketika bahan baku datang sampai produk dikemas, dan dapat digunakan untuk beberapa aplikasi industri makanan dan minuman, seperti roti, daging, tepung, gula, dan lain-lain. 

Selain untuk perlindungan konsumen, metal detector sekaligus dapat digunakan untuk melindungi mesin produksi dari kontaminan logam, bahkan partikel logam dapat menyebabkan mesin menjadi rusak, sehingga produksi terhambat dan pendapatan perusahaan menjadi berkurang akibat maintenance mesin produksi yang mahal.

Di mana Metal Detector harus diinstal dalam proses produksi makanan?

Pemasangan metal detector dapat disesuaikan dengan kebutuhan produksi, jika tujuannya adalah untuk melindungi mesin dari kontaminan besi, maka sebaiknya metal detector dipasang sebelum bahan baku masuk ke dalam line produksi. 

penggunaan metal detector

Metal Detector dapat juga dipasang selama proses produksi untuk memaksimalkan pengilangan atau pemurnian produk dari kontaminan logam atau metal. Terutama pada titik-titik kritis atau yang disebut critical control point seperti yang tertuang dalam manajeman HACCP ( Hazard Analysis Critical Control Point ). 

penggunaan metal detector

Namun biasanya metal detector dipasang ketika tahapan inspeksi keamanan produk, yaitu setelah barang dikemas. Hal tersebut untuk keamanan konsumen dan citra perusahaan, terutama apabila produk tersebut harus diekspor karena berkenaan dengan standar internasional. 

penggunaan metal detector

Bagaimana Cara Kerja Metal Detector?

Pada dasarnya ada beberapa tipe metal detector yang memiliki cara pendeteksian yang berbeda. Dalam industri makanan biasanya metal detector menggunakan sistem transmitter dan receiver.

Metal detector dilengkapi dengan pemancar dan dua penerima signal. Transmitter menghasilkan medan elektromagnetik yang konstan, ketika ada logam yang melewati detector, maka akan mengganggu medan elektromagnet, gangguan itu menjadi signal yang diterima oleh receiver. Data dari receiver akan dianalisis oleh alat metal detector sehingga dianggap ada kontaminan logam yang melewati detector.

Dalam industri makanan fasilitas metal detector dilengkapi dengan sistem alarm atau rejector. Sistem alarm akan memberitahukan operator bahwa ada kontaminan logam dalam produk sehingga konveyor berhenti. Jika dengan sistem rejector maka apabila terdapat kontaminan mesin tidak berhenti dan produk yang terkontaminasi akan dipisahkan dari yang tidak terkontaminasi.

Bagaimana Cara Menentukan Metal Detector Sesuai dengan Kebutuhan Anda?

Beberapa parameter yang diperlukan dalam memilih metal detector yang sesuai budget dan kebutuhan produk anda, yaitu:

1. Jenis produk anda
2. Kondisi produk anda, kering, basah, atau memiliki %wet
3. Dimensi produk anda, lebar, dan tinggi
4. Berat produk anda
5. Kemasan yang anda gunakan
6. Kecepatan konveyor yang anda inginkan
7. Sensitivitas dari logam yang akan dideteksi
8. Rejector atau sistem alarm

Di mana anda bisa mendapatkan metal detector?

Anda dapat mendapatkan metal detector serta dapat menanyakan informasi metal detector yang sesuai dengan kebutuhan anda dengan menghubungi:

CV. MEALABS INDONESIA
Jl. Buaran I No.72 Kel. Klender, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur 13470
0811-1720-047 (Telpon, WhatsApp)
sales@mealabs.com


signature
Back to top
banner