Home About Us Our Product Sitemap Articles Contact Us Chat Whatsapp

Magnetic Trap dan Metal Detector Pada Industri Santan

metal detector santan

Santan Kelapa Cair atau Bubuk

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan santan, dan rasanya makanan akan terasa sangat sedap dan gurih bila ditambahkan santan. Santan merupakan hasil parutan atau perasan dari daging buah kelapa dan biasanya tersedia dalam bentuk cair. Pengolahan kelapa menjadi santan, hampir sebagian besar menggunakan cara-cara tradisional, dan hal tersebut memakan waktu yang lama dalam pengolahan, dan tenaga apabila dalam jumlah yang besar.

Saat ini sedang berkembang santan bubuk atau powder, dimana santan dalam pengolahannya dikeringkan menggunakan alat spry dryer. Hasil pengolahan santan bubuk memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan santan cair, karena daya tahannya lebih lama, dan lebih praktis dalam penggunaannya.

Mengenai kualitas santan, baik santan cair dan santan bubuk, harus lah terbebas dari kontaminan biologis, kimiawi, dan fisik. Kontaminan biologis dapat dilakukan dengan cara pasteurisasi hingga suhu 65 deg C, dan kimiawi dapat dihindari dengan menggunakan bahan additive makanan yang food grade. dan secara fisik, yaitu kontaminan seperti besi dan logam dapat dicegah dengan menggunakan magnetic trap, metal detector, maupun x ray.

Kali ini kami khususkan tentang penggunaan alat magnetic trap, metal detector, dan x ray untuk mencegah adanya kontaminan logam atau besi di dalam santan bubuk atau cair.

1. Magnetic Trap

Magnetic trap adalah alat atau asesoris produksi yang fungsinya untuk menangkap (trap) pengotor besi dan logam yang ditarik magnet dari santan bubuk atau santan cair. Prinsip kerja magnetic trap adalah apabila cairan santan atau bubuk santan dilewatkan pada magnetic trap, maka magnet akan menarik logam atau besi, sehingga cairan santan dan bubuk santan akan bersih. Magnetic trap cukup ampuh dalam menarik kontaminan logam atau besi, apalagi jika intensitas magnet atau kekuatan magnet semakin besar.  Alat ini memiliki konseskuensi, bahan yang tidak dapat ditarik magnet biasa disebut diamagnetik atau non magnetik seperti bismut, perak, tembaga, mercuri, emas, karbon berlian grafit, air, dan non logam. (dapat dilihat di Wikipedia)

Santan Cair

Untuk santan cair proses pemfilteran dan penangkapan kontaminan besi dan logam, dapat menggunakan magnetic trap khusus untuk cairan.

Magnetic Trap liquid atau cairan
Cara kerja magnetic trap anda bisa lihat di magnetic trap for liquid, jika anda mencari alat ini anda bisa hubungi kontak di bawah atau di blog ini.

Santan Bubuk

Untuk santan cair proses pemfilteran dan penangkapan kontaminan besi dan logam, dapat menggunakan magnetic trap khusus untuk bubuk atau powder.

Magnetic Trap For powder atau bubuk serbuk

Cara kerja magnetic trap anda bisa lihat di magnetic trap for powder, jika anda mencari alat ini anda bisa hubungi kontak di bawah atau di blog ini.

selain itu jika anda menggunakan hopper, bin, chutes, atau housing, seperti

Tipe hopper chutes dan housing
anda dapat menggunakan magnet grate atau magnet hopper

Magnet hopper tipe lingkaran


magnet hopper tipe persegi




Cara kerja magnetic trap anda bisa lihat di magnet grate atau hopper, jika anda mencari alat ini anda bisa hubungi kontak di bawah atau di blog ini.

jangan lupakan konsekuensi penggunaan magnet trap, karena ada bahan-bahan yang bisa saja terlewatkan, namun penggunaan alat magnetic trap dapat menghilangkan pengotor besi dan logam yang ditarik magnet. Tetapi penggunaan magnet trap belumlah lengkap, anda harus memastikan produk anda benar-benar terbebas dari pengotor besi atau logam dengan menggunakan metal detector.

2. Metal Detector

Metal detector adalah suatu alat yang digunakan untuk inspeksi ada atau tidaknya pengotor besi atau logam di dalam produk santan cair atau santan basah. Cara kerja metal detector anda dapat lihat di metal detector untuk makanan. Metal detector merupakan pelengkap untuk menjaga kualitas produk anda dari kontaminan logam dan besi, setelah anda menggunakan magnetic trap, maka anda harus memiliki metal detector untuk memastikan keamanan santan cair atau bubuk yang anda produksi.

Metal detector dalam aplikasinya ada yang dapat diterapkan selama proses produksi, baik santan cair atau santan bubuk, untuk santan cair anda dapat menggunakan metal detector yang digunakan untuk sause, kenapa sause? karena sause merupakan cairan dengan viskositas tinggi, sedangkan metal detectornya juga dapat diaplikasikan untuk cairan dengan viskositas lebih rendah seperti santan kelapa.

Sedangkan untuk santan bubuk atau powder anda dapat menggunakan gravity fall metal detector.
Untuk produk santan cair atau bubuk yang sudah dikemas, sebagai final inspection atau pengecekan sebelum produk santan dipasarkan anda dapat menggunakan metal detector type conveyor.

Jadi anda sudah memiliki dua alat yang sangat tepat digunakan untuk menjaga kualitas produk santan cair atau bubuk dari kontaminan besi atau logam. Satu alat lagi sebagai tambahan yang cukup urgent yaitu penggunaan x ray untuk benar-benar memastikan produk anda tidak terkontaminasi, tidak hanya logam atau besi tapi pengotor yang lain, seperti makhluk hidup dan serpihan batu.

Mealabs Metal Detector menyediakan mesin metal detector jenis pipeline untuk pengecekan santan.

Hubungi kami untuk informasi lebih detail mengenai Metal Detector Santan melalui telpon, whatsapp atau email.

CV. MEALABS INDONESIA
Jl. Buaran I No.72 Kel. Klender, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur 13470
021 860 8828 (Telpon)
0817 1720 0470 (Telpon, WhatsApp)
sales@mealabs.com





signature
Back to top
banner