Home About Us Our Product Sitemap Articles Contact Us Chat Whatsapp

Proses Pemurnian Plastik Dari Pengotor Metal Di Industri Plastik

Metal Detector Untuk Plastik


Team Metal Detector Indonesia Mencoba membahas penggunaan metal detector untuk plastik dimana plastik sudah menjadi bagian kehidupan kita. Plastik merupakan suatu bahan polimer buatan seperti plastic polstirene, poletilena polvinil, cloroda, fenolformaldehina, urea formaldehina, seluloid, dan lain-lain. Saat ini, plastik banyak dimanfaatkan sebagai kebutuhan dasar, seperti kemasan, peralatan rumah tangga, elektronik, automotif, dan lain-lain. Plastik memiliki keunggulan seperti tidak mudah berkarat, elastis, ringan, kuat, dan tidak mudah pecah, oleh karenanya kebutuhan plastik telah meliputi semua kebutuhan kebanyakan produk saat ini.

Dalam industri plastik, bahan dasar plastik berupa bijih plastik

Metal Detector untuk Biji plastik atau resin plastik
Biji Plastik
Dalam penggunaannya, biji plastik harus benar-benar terbebas dari pengotor metal atau logam, karena keberadaan metal dapat mengganggu proses pencetakan dalam injection molding, khususnya plastic recylcling atau plastik daur ulang.

Umumnya biji plastik dimasukkan ke dalam hopper atau silo, dimana biji plastik akan dimasukkan ke dalam mesin injection. 

Jika anda mencari mesin injection molding, anda dapat menghubungi kami dengan menyertakan beberapa spek yang anda butuhkan

Penggunaan metal detector atau magnet hopper sebelum injection molding
Injection Molding
Plastic Granule atau biji plastik dimasukkan ke dalam hopper dan menggunakan screw yang dipanaskan akan dimasukkan ke dalam mold untuk di cetak. Adanya logam atau metal, dapat menyebabkan rusaknya mesin molding apabila ukurannya cukup besar seperti paku, baut, dan lain-lain, untuk ukuran kecilpun akan mengganggu proses pencetakan yang diinginkan.

Solusi untuk proses pencegahan masuknya pengotor metal ke dalam proses pencetakan plastik adalah dengan menggunakan magnet hopper dan metal detector

1. Magnet Hopper

Magnet hopper adalah magnet yang sengaja diletakkan di dalam hopper atau didesain berada di luar output hopper. Adapun fungsi dari magnet hopper adalah untuk menarik benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet seperti besi, baja, paku, dan lain-lain. Kelemahan magnet hopper adalah terdapat logam yang tidak dapat ditarik oleh magnet.

Bentuk magnet hopper cukup beragam, dan dapat disesuaikan dengan hopper yang dimiliki user atau pengguna. umumnya hopper memiliki bentuk silinder, silinder kerucut, kotak, prisma segi empat, dan lain-lain.

untuk hopper dengan bentuk kerucut lingkaran dapat menggunakan magnet hopper tipe lingkaran atau round shape hopper magnet.

magnet hopper round atau lingkaran
Magnet hopper tipe lingkaran

untuk hopper dengan bentuk prisma segi empat dapat menggunakan magnet hopper tipe persegi atau square shape hopper magnet.

Magnet hopper square type, magnet hopper tipe lingkaran
Magnet hopper tipe persegi

untuk hopper dengan bentuk hopper selain lingkaran dan persegi dapat menggunakan magnet hopper dengan request ke supplier agar disesuaikan dengan bentuk hoppernya.

Mekanisme sederhana dari cara kerja magnet hopper dalam menarik pengotor logam dapat dilihat video berikut



Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih magnet hopper untuk industri plastik (plastic industry)

1. Dimensi dari bentuk hopper 
2. Kekuatan magnet dengan satuan Tesla atau gauss, saat ini maksimum kekuatannya adalah     12000 gauss. Kekuatan magnet dapat diukur dengan alat gaussmeter atau teslameter
3. Suhu di dalam hopper, semakin panas akan mengurangi kekuatan magnet hopper. saat ini       magnet hopper dapat beroperasi baik dibawah suhu 85 derajat celcius, namun dapat pula         digunakan pada suhu 85-350 derajat celcius.
4. Bentuk diverter atau baffle, fungsinya untuk mengarahkan jatuhnya biji plastik ke magnet      
    hopper


magnet hopper with diverter

diverter shape

5. Handling magnet hopper, terdapat beberapa handling magnet hopper mulai dari yang sederhana, hingga menggunaka type yang disebut easy cleaning


2. Metal Detector

Metal detector merupakan suatu alat yang dapat mendeteksi adanya logam dalam suatu produk biji plastik atau kemasan plastik. 

Penempatan metal detector mempengaruhi dari pemilihan jenis metal detector. Terdapat beberapa jenis metal detector diantaranya gravity fall metal detector dan metal detector type konveyor, metal detector tanpa konveyor, customized metal detector.



Penggunaan Gravity fall metal detector dapat melengkapi kekurangan dari magnet hopper, dimana produk biji plastik yang telah dilewatkan melalui magnet hopper, pemurnianya akan sangat maksimal jika dilewatkan ke dalam gravity fall metal detector.


conveyor belt metal detector
Conveyor belt metal detector
Penggunaan conveyor belt metal detector dapat digunakan sebelum memasuki hopper, sehingga jika ada metal maka dapat direject langsung atau dipisahkan langsung secara automatis

Head Sensing Metal Detector tanpa konveyor






Penggunaan metal detector tanpa conveyor atau hanya head sensing dapat digunakan pada konveyor yang sudah existing khususnya pada industri plastik daur ulang atau recycling plastic industry. 








dalam beberapa hal, anda dapat memesan ke supplier type metal detector yang anda butuhkan untuk pemurnian logam dari biji plastik atau daur ulang plastik.

anda perlu memiliki fasilitas atau investasi menggunakan magnet hopper atau alat uji gauss meter, serta mesin metal detector sesuai dengan kebutuhan untuk melindungi mesin injection molding anda dan kualitas plastik dengan menghubungi

Proses Pemurnian Plastik Dari Pengotor Metal Di Industri Plastik

signature
Back to top
banner